Perbedaan Antara Windows 32 bit Dengan 64 bit

Perbedaan antara windows 32 bit dengan 64 bit - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan antara windows 32 bit dengan 64 bit, inilah yang menjadi banyak perbicangan oleh kebanyakan orang karena banyak yang menganggap tidak peting. untuk pemilihan versi 32 atau 64 bit dapat anda jumpai di saat menginstal windows, baik itu windows 7,8 dan windows 10 pasti akan anda jumpai pemilihan versi ini saat menginstal. Istilah bit sendiri digunakan pada arsitektur pada processor yaitu 32 bit dan 64 bit, Bagi pengguna yang masih awam tentu hal ini akan menjadi masalah karena mereka belum tahu apa perbedaan mendasar antara windows 32 bit dan 64 bit, Padahal ada perbedaan di antara keduanya dan perbedaan tersebut bisa berdampak pada kinerjanya, Nah sebelum menuju ke perbedaan dan kekurangan windows 32 bit dan 64 bit ada baiknya jika kita mengetau mendalam tentang pengertian bit.

Pengertian  Dari Bit
Bit adalah kependekan dari Binary Digit, yang berarti digit biner. Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital. Komputer tidak menggunakan angka desimal untuk menyimpan data. Semua data komputer disimpan dalam angka-angka biner. Hanya 2 nilai berbeda yang bisa dinyatakan satu bit, entah nilai 0 atau nilai 1.

Dalam telekomunikasi digital juga demikian, semua level tegangan diubah menjadi bentuk data biner. Istilah binary digit atau bit diperkenalkan oleh John Tukey pada tahun 1947, pada saat itu ia bekerja sebagai seorang ilmuwan di Bell Laboratories. Sejak saat itu istilah 'bit' terus digunakan di dunia komputer.

Baca juga : Membuat Logo Untuk Blog Secara Online

Perbedaan antara 32 bit dengan 64 bit

Perbedaan processor dengan arsitektur 32-bit dan 64-bit adalah terletak pada kemampuan dalam memproses suatu datanya. Pada versi 32-bit, data yang dapat diproses sebesar 64 nilai komputasi saja dalam satu kali siklus pemrosesan

Sedangkan pada versi 64-bit, data yang dapat diproses jauh lebih banyak, yaitu sebesar 256 nilai komputasi dalam satu kali siklus pemrosesan. Dalam hal ini tentu processor dengan arsitektur 64-bit dapat mengendalikan perintah pemrosesan lebih banyak daripada processor 32-bit. Selain itu, pada processor 64-bit juga telah dilengkapi dengan fitur PatchGuard yang berfungsi untuk mencegah adanya malware yang berusaha ingin mengubah kernel.

Kelebihan dan Kekurangan Windows 64 Bit dan Windows 32 Bit

Kelebihan Windows 64 Bit
  • Proses pengolahan data lebih cepat dan efisien bahkan 2 kali lipat daripada 32 bit
  • Kinerja lebih optimal
  • Sangat support dan kompatible dengan segala program basis 32 bit
  • Sangat support menjalankan program aplikasi dan game berat.
Kekurangan Windows 64 Bit

Penggunaan processor 64 bit tidak di rekomendasi untuk komputer atau pc versi lama. Agar kinerja lebih optimal penggunaan processor 64 bit harus memiliki spesifikasi pc yang tinggi.

Kelebihan windows 32 bit
  • Bisa menjalankan semua jenis aplikasi yang berbasis processor dibawahnya seperti basis 8 bit dan 16 bit.
  • Lebih kompatible
  • Dapat digunakan pada driver lama dengan ram kurang dari 4GB dan laptop/notebook versi lama.
  • Kinerja lebih optimal jika digunakan pada RAM dengan kapasitas 2GB.
Kekurangan windows 32 Bit
  • Tidak support menggunakan RAM diatas 4GB
  • Tidak support menjalankan program basis 64 bit atau lebih
  • Tidak support menjalankan aplikasi atau game berat dan dengan ukuran yang besar
Nah itulah Perbedaan antara windows 32 bit dengan 64 bit dan sedikit pengetian serta kelebihan dan kekurangan yang dapat saya sampaikan jika ada yang ingin anda tanyakan atau ada yang kurang anda mengerti jangan lupa untuk berkomentar, sekian dari saya terimakasih.
Previous
Next Post »