Cara mudah menghilangkan Virus shortcut di Flashdisk

Cara Mudah menghilangkan Virus shortcut di flashdisk dan penyimpanan lainnya - Pada kesempatan kali ini saya kan membahas tentang cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk dan pada penyimpanan lainnya seprti hard disk internal dan hardisk eksternal dan masih banyak lagi, Virus shortcut selalu muncul pertama kali dengan menyerang dan menginpeksi pada penyimpanan file, seperti flashdisk hard disk dan lain - lain. virus shortcut ini bekerja dengan cara menyembunyikan file asli pada komputer ataupun pada flashdisk, proses menyembunyikannya dilakukan dengan cara mengubah file attribut tersebut menjadi super hidden. Kemudian virus akan membuat file duplikat file tersebut dalam bentuk file shotcut, dan file duplikate ini memiliki tanda atau ciri - ciri terdapat tanda panah kecil pada icon file.

Virus shortcut sebenarnya tidak merusak file, namun hanya saja disembunyikan ke dalam bentuk super hidden, maka jika settingan komputer kita tidak diatur untuk menampilkan file yang memiliki attribut hidden, maka seolah - olah file tampak seperti Hilang, dan untuk cara menghilangkanya virus shortcut sendiri terbilang cukup mudah, bahkan tidak diperlukan keahlian khusus untuk menghilangkannya. Nah bagi yang tau cara untuk menghilangkan virus shortcut berikut ini adalah langkah - langkahnya.

Cara Menampilkan file yang di sembunyikan Virus shortcut di Flashdisk
1. Pertama colokkan flshdisk pada komputer kemudian buka flashdisknya.
2. Kemuidan klik Organize pada pojok kiri atas lalu pilih Folder and search Options,


3. Selanjutnya pilih pada tab view lalu Aktifkan Show hidden files, folders, and drives,  dan unchecklist pada Hide protected operating system files (Recommended). lalu Jika muncul notice seperti gambar di bawah, Klik Yes saja.


4. Sampai ketahap ini seharusnya file yang di hidden oleh virus shotcut sudah muncul kembali namun hanya masih belum sepenuhnya dan yang kita harus lakukan lagi adalah menormalkan kembali filenya secara tuntas.

5. Dan untuk menormalkan kembali filenya secara tuntas, buka CMD atau Command Prompt, kemudian ketik lokasi dimana Flashdisk berada, Contohnya: Drive H, berarti ketik H:

6. Selanjutnya, ketikan di CMD attrib -s -r -h /s /d Kemudian tekan Enter, atau lebih jelasnya lihat gambar di bawah.



7. Selanjutnya cek Flashdisk kamu, pastikan apakah semua folder sudah kembali normal lagi. Jika sudah, silahkan hapus folder yang menurut kamu aneh atau tidak jelas.

Baca juga : Cara Mudah Menyembunyikan file di Android Tanpa Aplikasi

Nah dengan begitu file yang terkena dan terinpeksi virus shortcut dapat pulih kembali, dan sekian dulu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini jika ada yang ingin anda sampaikan tau ada yang ingin anda tanyakan jangan lupa untuk berkomentar, sekian dari saya terimakasih,
Previous
Next Post »