2 Cara Cek Kecepatan koneksi internet

2 Cara Cek Kecepatan internet - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara mengecek kecepatan internet untuk windows dan sebenarnya bisa juga untuk android, ada kalanya jika kita sedang terhubung ke internet dan ingin mengetahui kecepatan internet tersebut. Mengecek berapa kecepatan pada internet adalah salah satu hal yang cukup penting, karena jika kita sedang ingin mendownload file berukuran besar maka ada baiknya jika kita mengecek kecepan internet terlebih dahulu, supaya tidak terputus saat proses download berlangsung. Selain itu mengecek kecepatan internet bertujuan untuk mengukur berapa lama koneksi internet tersebut dapat terus meberikan akses internet pada komputer kita. 

Cara mengecek kecepatan internet sering juga digunakan oleh para teknisi jaringan dimana mereka mengecek kecepatan internet untuk mengetahui akses atau tidak kah internet atau jaringan yang mereka sedang pasang, maka cara mengecek kecepatan internet itu juga sangat penting karena walaupun komputer atau laptop kita terhubung pada suatu jaringan maka belum tentu komputer tersebut memiliki koneksi, karena lemahnya koneksi yang di dapat pada komputer itu.

Bagi kalian yang ingin mengetahui berapa sih kecepatan iternet yang di dapat komputer atau laptop, berikut ini saya akan memberika dua buah cara mengeceknya, tenang saja karena kedua tersebut tidak memerlukan sofware tambahan, nah bagi anda yang penasaran simak kedua cara berikut ini.

Cara mengecek kecepatan internet dengan CMD
Cara yang pertama anda bisa mengecek kecepatan internet pada komputer anda dengan menggunkan CMD, dan CMD sendiri adalah sebuah aplikasi bawaan windows, untuk mengecek kecepatan internet malalui Cmd anda bisa simak tutorialnya berikut ini :

1. Buka Cmd cengan cara Pilih Start kemudian ketikan Cmd atau bisa juga dengan cara menekan kombinasi tombol Windows + R kemudian ketikan Cmd


2. Kemudian jika Cmd sudah terbuka maka ketikkan ping 8.8.8.8 -t lalu tekan Enter


3. Setelah di tekan enter maka akan terlihat seperti gambar berikut ini

Keterangan:

  • Jika muncul tulisan Reguest timet out koneksi internet terputus dari server
  • Jika muncul nilai time Reply from besar = maka koneksi internet menjadi lambat
  • Jika muncul nilai time Reply from kecil = maka koneksi internet menjadi lebih cepat

Cara Mengecek Kecepatan internet secara Online
Untuk cara yang kedua bisa di lakukan pengecekan kecaptan internet secara Online, nah cara yang satu ini bisa juga dilakukan melaui Smarphone android dan juga PC, seperti apakan caranya simak berikut ini.

1. Pertma silahkan buka browser anda kemudian ketikan Speedtest.net
2. Maka akan muncul tampilan seperti ini, kemuidan pilih Begin test


3. Setelah itu maka Speedtest akan otmatis mencari server terbaik di lokasi anda
4. jika sudah selesai maka Speedtest akan meberikan hasil kecepatan download dan upload

Nah sekian dulu yang dapat saya berikan tentang Cara Cek Kecepatan koneksi internet pada kesempatan ini jika ada yang ingin anda tanyakan atau mungikin ada yang kurang jelas, jangan luoa untuk berkomentar ya, sekian dari saya terimakasih.
Previous
Next Post »