Cara membuat bootable windows di flashdisk dengan CMD

Cara membuat bootable windows di flashdisk dengan CMD - Flashdisk selain bisa digunaka untuk menyimpan file atau data ternyata flashdisk juga bisa di gunakana untuk menginstall ulang windows, cara seperti ini biasa di namakan dengan bootable lewat Flashdisk. Bootable sendiri artinya adalah fitur yang berada pada sistem operasi seperti windows, linux, dan sistem operasi lainnya. Jadi bootable bukanlah sistem operasi windows yang disimpan pada flashdisk, namun biasanya bootable bukan hanya bisa di buat diflashdisk saja, bootable bisa juga di buat di penyimpanan eksternal lainnya seperti CD/DVD, kartu memori, Harddisk ekternal dan penyimpana eksternal lainnya.

Setiap kita akan menginstal suatu sistem operasi pada laptop atau komputer tentu saja kita akan mengatur BIOS di halaman Boot untuk mengatur sistem Operasi yang akan di install, jika tidak ada bootable maka proses yang dilakukan Bios dilakukan. Proses pembuatan bootable sendiri bukan hanya asal Copy Paste isi yang ada di dalam sistem operasi ke flasdisk saja, melaikan ada aturanya supaya bisa menjadi bootable yang bisa terbaca oleh BIOS.

Selain itu fungsi Bootable sendiri bukan hanya untuk menginstall sistem Operasi saja, karena Bootable bisa juga digunakan untuk pemulihan data, pembersihan data, demontrasi perangkat lunak dan masih banyak lagi. Namun jika anda ingin menggunakan Bootable pada flashdisk untuk mengisntall sistem operasi seperti windows, berikut ini adalah langkah - langkahnya.

Cara membuat bootable windows di flashdisk dengan CMD 

1. Pertama masukkan atau Colokkan Flashdisk ke laptop atau komputer (Minimal space Flashdisk 4GB atau lebih yang masih kosong)
2. Selanjutnya Buka CMD melalui RUN. dengan cara tekan tombol kombinasi Windows + R Kemudian ketikan pada keyboard Diskpart
3. berikutnya ketik  LIST DISK lalu tekan Enter
4 Ketikkan SELECT DISK 1 lalu Enter, (Jika lokasi disknya di disk 1, sesuai saja dengan nomor flash disk anda )
5. Setelah itu ketik CLEAN lalu tekan Enter.
6. Ketik CREATE PARTITION PRIMARY lalu tekan Enter.
7. Ketik SELECT PARTITION 1 lalu tekan Enter.


8. Ketik ACTIVE lalu tekan Enter
9. Kemudian Ketik FORMAT FS=FAT32 lalu tekan Enter, Tunggu hingga proses 100%, biasanya agak lama.


10. Setelah Proses selesai Ketik ASSIGN lalu tekan Enter.
11. Terakhir Ketik  EXIT kemudian Enter, maka akan keluar dari CMD

Copy Semua File Windows Yang Akan Ke Dalam Flashdisk
Langkah berikutnya, siapkan File ISO Windows yang akan anda dipasang didalam Flashdisk. pada posisi Flashdisk masih tertancap di komputer atau laptop, Anda mount File ISO Windows tersebut kemudian blok semua filenya. Untuk blok semua file biar mudah gunakan tombol kombinasi Ctrl+A. kemudian copy semua file Windows tersebut dan pastekan didalam Flashdisk tadi.

Baca juga : Cara Memberikan Password Pada Flashdisk Tanpa Software Dengan Aman


Nah dengan begitu Flashdisk sudah bisa anda gunakan untuk menginstall ulang windows, sekian dulu yang dapat saya sampaikan mengenai Cara membuat bootable windows di flashdisk dengan CMD, semoga bisa bermanfaat dan jika ada yang ingin anda sampaikan atau ada yang ingin ditanyakan jangan lupa untuk beromentar, sekian dari saya terimmakasih.
Previous
Next Post »