Susunan kabel UTP Straight dan Cross serta cara membuatnya

Susunan kabel UTP Straight dan Cross serta cara pembuatanya, Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah cara pembuatan kabel Namun kabel yang satu ini sangat luar biasa,hehe. Karena kabel yang satu ini mamapu menghubungkan sebuah jaringan komputer, bagi anda yang sedang mendapatkan tugas dari guru anda tentang cara membuat kabel LAN maka cara ini bisa membantu anda, nah sebelum kita menuju ke tutorial pembuatan kabel ada baiknya kita mengetahui apa itu kabel UTP.

Kabel UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair yang merupakan salah satu jenis kabel Twisted Pair, karta Unshielded memiliki arti kabel yang tidak memiliki shield atau pelinding diadalamnya, maka jika pada saat kita mengupas jaket atu kulitnya maka akan terlihat empat pasang jenis kabel, Nah kabel - kabil ini lah yang nanti akan kita bahas cara pembuatan nya mnenjadi sebuah kabel straight dan cross.

Setelah dirangkai menjadi sebuah kabel jaringan LAN maka kabel ini mampu berfungsi untuk menghubungkan host yang ada pada jaringan lokal(Local Area Network) atau yang bisa disingkat dengan kata LAN, Nah berikut ini adalah kegunaan - kegunaan dari kabel Lan tersebut.
  1. Menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain (untuk susun kabel Cross-over)
  2. Menghubungkan komputer dengan hub atau switch (untuk susunan kabel straight-through)
  3. Menghubungkan router dengan hub atau switch (untuk susnan kabel Chros-over karena Hub dengan swich, sama hanya komputer dengan laptop.

Nah dari kegunaan - kegunaan tersbut mungkin ada dari kalian yang ditugaskan dari guru anda atau keinginda anda sendiri untuk membuat kabel apa. untuk menujucara pembuatanya anda harus memperisapkan alat -alat terlebih dahulu dan juga anda harus tau urutannya, berikut ini adalah urutan dari kabel Srtaight dan Chross dan alat pembuatnanya .

Alat - alat pembuatan kabel UTP antara lain :

1. Tank Crimping
Tank Crimping adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk ujung konektor.

2. Konektor RJ-45
konektor adalah alat yang kita pasangi ujung kabel UTP agar kabel dapat kta pasang pada port LAN.

3. Kabel UTP
Kabel UTP kabel UTP dapat kita gunakan untuk menghubungkan jaringan internet.

4. LAN tester
lan Tester adalah alat untuk menguji atau mengecek kabel hasil krimpingan kita, apakah tersusun dengan benar atau tidak.

Susunan Warna kabel Straight dan Cross

1. Susunan kabel Straight
Susunan kabel Straight adalah antara ujung kabel 1 dan kebel 2 sama :

sumber  gambar : Kesekolah.com
  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih hijau
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Hijau
  7. Putih coklat
  8. Coklat
2. Susunan kabel Cross
susunan kabel cross berbeda dengan straight karena ujung kabel 1 dengan 2 berbeda.
Ujung kabel 1

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih hijau
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Hijau
  7. Putih coklat
  8. Coklat
Ujung Kabel 2 :
  1. Putih hijau
  2. Hijau
  3. Putih orange
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Orange
  7. Putih coklat
  8. Coklat
Cara pembuatan kabel UTP Straight dan Cross
  • Cara Membuat Kabel Straight
1. Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm.

2. luruskan dan urutankan kabel sesuai Urutuan kabel Straigh di atas.

3. Setelah urutannya sesuai seperti urutan di atas tadi, potong dan ratakan ujung kabel,

4. Kemudian Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.

5. Lakukan crimping menggunakan tang crimping , tekan tang crimping dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah menekan tiap-tiap kabel. biasanya akan terdengar bunyi (klik), saat di tekan.

  • Cara Membuat kabel Cross
sebenarnya cara pembuatan kabel Cross nya tidak berdeda dengan pembuatann kabel straight hanya urutan kabel nya saja yang berbeda. Oleh sebab itu ikuti cara pembuatan kabel straight tadi namu urutan kabel nya samakan dengan urutan kabel cross yang ada di atas tadi.

Nah demikian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini jika ada yang ingin ditanyakan jangan lupa untuk berkomentar, demikian dari saya sekian dan terimakasih,

Previous
Next Post »