Cara Mengatasi GPT Partition Style Ketika Install Windows

Cara Mengatasi GPT Partition Style Ketika Install Ulang Windows - Saya dulu pernah mendapatkan problem atau masalah ketika install ulang windows dan masalah tersebut terletak pada partisi hardisk, saat itu saat saya ingin menginstall ulang windows PC saya dengan windows 10 kala itu, nah pada tahap awal proses instalasi aman - aman saja namun saat saya akan menformat partisi pada harddisk muncul pemebritahuan kode error yakni Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partiton style”. Untuk tampilan peberitahuannya adalah seperti gambar berikut. 


Pada momen tersebut saya mulai panik karena isi Harddisk pada PC saya ada data - data penting, saat itu saya mengira bahwa mengatasi nya harus membagi ulang partisi pada PC saya, hal ini tentu saja membuat saya lebih bingung lagi karena data pada hardisk akan hilang semua jika membagi partisi ulang. Dan akhirnya saya browsing di mbah google ternyata ada soulusinya untuk megatasi masalah partisi GPT Partition style saat install ulang windows tanpa menghapus data.

Ketika itu saya pikir hanya windows 10 saja ada masalah GPT Partition style, namun tenyata masalah GPT partition style juga terdapat pada windows 7 dan windows 8 juga. GPT sendiri meupakan singkata dari Guid Partition Table yang dapat di artikan sebagai tipe pertisi yang menggatikan MBR. Harddisk tipe ini memiliki kapasitas sekitar 2 TB (Tera byte). Harddisk tipe ini sekarang sudah digunakan pada Laptop keluaran baru.

Setelah saya berhasil memecahkan solusi GPT Partition Style saat install ulang, Nah kali ini saya akan membagikan caranya untuk anda yang mengalami masalah GPT Partition style, untuk tutorialnya anda bisa mengikuti langkah - langkah berikut ini, silahkan anda simak.

Mengatasi GPT Partition Style Ketika Install Ulang Windows
Sebelumnya silahkan anda backup terlebih dahulu data yang ada pada Harddisk PC anda, karena cara ini akan menghapus seluruh data yang tersimpan pada harddisk, oleh sebab itu bacup data anda terlebih dahulu, mau anda backup di hardisk eksternal atau flashdisk terserah anda yang penting data penting bisa terselamatkan.

1. Pertama, silahkan masuk BIOS dengan cara tekan F2 ataupun Dell
2. Lalu pilih Advanced-System Configuration-Boot Mode, Ubah boot mode dari UEFI ke CMS Boot atau Legacy.
3. Kemudian masuk ke tab Boot, ubah urutan boot paling atas menjadi CD/DVD atau Flashdisk Instalasi Windows yang anda gunakan.
4. Selanjutnya simpan / save pengaturan BIOS dan keluar, lansung booting ke CD/Flashdisk.
5. Jika sudah sampai ke jendela instalasi Windows (Welcome), silahkan anda tekan Shift+F10 secara bersamaan.
5. Maka anda akan masuk ke CMD (Command prompt). Lalu langsung ketik diskpart >tekan Enter.


6. Lalu ketik list disk dan akan tampil daftar disk pada hardisk anda. berikut ini icon yang ditunjuk anak panah, merupakan hardisk mempunyai tipe GPT.


7. Selanjutnya, ketik select disk 0 (sesuaikan angka 0 dengan angka pada partisi GPT).


8. Setelah memilih disk, ketik clean lalu tkan Enter.


9. Terakhit tunggu hingga proses clean selesai. Setelah itu restart laptop/PC Anda, PC anda sudah siap Untuk di install ulang lagi

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Mengatasi GPT Partition Style Ketika Install Windows, semoga bermanfaat dan masalah pada PC anda bisa teratasi. Jika ada yang ingin anda tanyakan atau mungkin ada yang ingin anda sampaikan jangan lupa untuk berkomentar, sekian dari saya terimakasih.
Previous
Next Post »

7 komentar

Click here for komentar
12 March 2019 at 08:46 ×

DATA YANG ADA DI D ATAU E APAKAH AKAN TERHAPUS...?

Reply
avatar
Ally
admin
21 March 2019 at 23:10 ×

Bukannya dengan "Clean" akan menghapus semua data di harddisk ya om...?
terus mana "soulusinya untuk megatasi masalah partisi GPT Partition style saat install ulang windows tanpa menghapus data." nya?

Reply
avatar
Roni Once
admin
6 April 2019 at 05:46 ×

#Bocah Angon..
data pada partisi C dan D Akan Hilang gan, Oleh sebab itu backup daulu data2 penting, sebelum melakukan cara ini. terimakasih

Reply
avatar
Roni Once
admin
6 April 2019 at 05:49 ×

#Ally
Sampai saat ini masih cara ini yg masih work gan, supaya tidak hilang data2 pentingnya di backup dulu...

Reply
avatar
Anonymous
admin
15 July 2019 at 11:32 ×

makasih bang, berkat cara ini saya bisa bekerja lg komputernya terima kasih bang caranya

Reply
avatar
Unknown
admin
10 August 2019 at 15:20 ×

acur dataku ilang

Reply
avatar
Roni Once
admin
4 October 2019 at 06:05 ×

#unknown

iya pasti hilang gan, admin disni menyarakan untuk membackup terlebih dahulu data yang ada pada haardisk.

Reply
avatar