10 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Yang Cepat Panas

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Yang cepat panas (Overheat) - Dengan adanya Smartphone android kini dunia terasa digemgaman kita, karena dengan andanya smartphone android membuat komunikasi dan informasi dapat di akses dengan mudah dan cepat, selain itu kita bisa menggunakan smartphone android atau tablet kita untuk mencari sebuah informasi yang bisa membantu kita untuk memecahkan suatu masalah kita, dan kini dengan kemajuan pada bidang komunikasi kita bisa dengan mudah terhubung dengan orang lain melalui media sosial dan lain - lain baik dari panggilan telepone ataupun internet jika pengguna media sosial.

Selain Smartphone android dan tablet dapat digunakan sebagai media telekomunikasi dan informasi, kini Smartphone android dan tablet dapat kita manfaatkan sebagai sarana hiburan juga, karena Android kini sudah dibekali dengan fitur menarik seperti pemutar video yang sudah menyerupai kemampuan PC dalam pemutaran semua jenis format video, dan juga dilengkapai permainan atau aplikasi yang tak kalah menarik juga dengan game/permainan PC, dan aplikasi ini dapat kita dapatkan memalui Google play Store secara gratis dan ada juga yang berbayar.


Sebenarnya Android sendiri adalah sebuah perangkat yang berbasis linux dan dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik dan aplikasi - aplikasi bawaan maupun aplikasi instalan kita sendiri, dengan begitu kita tidak perlu heran lagi jika ada berbagai macam aplikasi yang dapat kita gunakan di Android.

Namun banyak sekali yang mengeluhkan Hp android ataupun tablet yang cepat panas, hal seperti ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat mengakibatkan android anda cepat panas. masalah seperti ini sering dialami bagi pengguna yang menjalankan android dalam jangka watu yang panjang dan terus menerus tanpa memberikan jeda istirahat pada androidnya.

Sebenarnya menjalankan android dalam waktu panjang dan terus - menerus bukanlah hal yang baik, biasanya penggunaan adroid dalam waktu panjang digunakan untuk browsing, bermain game dan  memutar musik. Dengan menggunakan android cukup lama hingga berjam - jam, maka lama - kelamaan akan membuat pada bagian belakang smartphone android atau tablet akan terasa panas saat dipegang.
Sebelum kita menujuk ke cara mengatasi Android cepat panas atau Overheat ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu penyebab Smartphone android atau tablet yang cepat panas, nah berikut ini adalah penyebab android cepat panas.

Penyebab Android yang Cepat Panas (Overheat)

a. Pemakaian di Tempat panas
Biasanya android yang cepat panas juga disebabkan oleh faktor suhu yang agak panas di sekitar anda, penggunaan android dibawah suhu yang panas juga dapat memicu androd cepat panas. oleh sebab itu hindari penggunaan android di bawah sinar matahari langsung dan suhu yang panas.

b. Penggunaan yang Berlebihan
Penyebab android cepat panas yang kedua adalah penggunaan smartphone android dan tablet secara berlebihan, karena jika anda menjalankan game atau aplikasi dengan jangka panjang bahkan sampai berjam - jam, hal ini dapat menguras daya baterai yang tersisa, dan selain itu komponen hardware dari android akan bekerja keras tanpa ada jeda, oleh sebab itu akan membuat android anda cepat panas.

c. Ada Apliaksi yang Aktif di Backgroud/latar belakang
Hal seperti ini adalah kesalahan yang sering dialami oleh kebanyakan pengguna smartphone android dan juga pengguna tablet, dengan adalanya aplikasi yang berjalan di backgorud maka aplikasi tersebut masih aktif/bekerja, hal seperti ini dapat menguras banyak daya baterai, nah dengan banyaknya daya baterai yang terkuras maka android anda akan mudah panas.

d. Kerusakan Baterai
Faktor kerusakan baterai juga dapat membuat android menjadi cepat panas, biasanya kerusakan pada baterai android memiliki ciri - ciri perubahan pada baterai yang membesar atau mebgelembung. untuk mengatasi baterai android yang sudah membesar sebaiknya cepat ganti saja, karena daya baterai akan cepat habis dan mudah sekali panas.

Tips Cara Mengatasi Andorid yang Cepat panas / Overheat
Untuk mengatasi Smartphone android atau tablet yang cepat panas, berikut ini sudah saya siapkan untuk anda beberapa langkah mudah mengatasi Android yang cepat panas, silahkan anda simak.

1. Hapus Aplikasi yang Memberatkan Ram Android Anda
Tips yang pertama agar android tidak mudah panasa adalah dengan menghapus atau mengunistall aplikasi dan Game yang memberatkan RAM android anda, dengan menghapus aplikasi yang memberatkan maka akan meringankan kinerja android, dengan begitu android tidak terbebani lagi dan dapat mengurangi penyebab panas pada android.  Selain aplikasi dan game yang memberatkan RAM, saya sarankan untuk menghapus aplikasi yang tidak penting ataubahkan janrang digunakan, karena dengan begitu maka akan membuat Smartphone android atau tablet menjadi ringan dan terasa lebih cepat.

2. Gunakan jaringan yang stabil
Sebenarnya hal ini tidak terlalu berdampak langsunng, namun hal ini jika dibiarkan juga dapat membuat suhu panas yang berlebihan, untuk mengatasi masalah yang satu ini anda hanya perlu menggunakan provider jaringan yang memiliki koneksi stabil di dareah anda, walaupun sinyalnya tidak terlalu kuat.

3. Simpan HP & Tablet Android Dengan Benar
Cara selanjutnya untuk mengatasi android yang cepat panas yaitu dengan menyimpan HP dan Tablet anda di tempat yang benar, jangan menyimpan ponsel android di sembarang tempat, setidaknya hindari dari sinar matahari langsung. karena jika terkena paparan sinar matahari langsung terlalu lama mak akan berdampak buruk pada komponen ataupun hardware pada ponsel android cepat rusak, dan jangan juga meletakan android di tempat yang lembab, karena hal ini berisko kemasukan air. jadi simpanlah di tempat yang kering dan sejuk supaya terhidar dari masalah - masalah yang tidak di inginkan.

4. Bersihkan HP / Tablet Android dari Debu
Debu yang menempel pada HP dan Tablet dapat menyebabkan terjadinya overheating, hal ini bisa terjadi karena lubang yang tersedia pada body/casing tertutub oleh debu, maka akan menyebabkan suhu panas dari smartphone maupun tablet tidak bisa keluar, oleh sebab itu alangkah baiknya bersihkan body dari kotoran dan debu secara teratur.

5. Gunakan Kabel charger Ori (bawaan ponsel)
ketika anda menggunakan kabel charger untuk melakukan pengisian ulang daya baterai, pastikan anda menggunakan charger phonsel asli dan jangan pakai kabel USB, karena jika anda menggunaka kabel USB dapat mengakibatkan bagian port USB bisa terbakar, dan juga dapat mengakibatkan konsleting arus listrik, dan dapat membuat batrai panas karena tidak menggunakan charger aslinya. oleh sebab itu gunakan charger yang asli saja untuk mengindari yang tidak anda inginkan.

6. Jangan Menggunakan Perangkat android ketika sedang di Charging
Penyebab terjadinya overheating pada ponsel dan tablet selanjutnya yaitu dengan penggunaan android saat sedang dicharging, padahal hal seperti ini sangat tidak baik bagi kelangsungan perangkat android anda. Sebaiknya anda gunakan android saat sedang tidak dicharging, jika anda menggunakan android ketika di charging hanya akan membuat perangkat android cepat panas.

7. Cek Kondisi Baterai Ponsel Anda
Cara selanjutya untuk mengatasi android yang cepat panas adalah dengan mengecek kondisi baterai pada android dan tablet anda, baterai yang baik adalah batrai yang memiliki daya yang besar dan disini saya sarankan anda untuk memilih baterai jenis Li-Po yang menurut saya lebih bagus spesifikasinya dari baterai yang lainnya.

8. Matikan Data Seluler ketika Ponsel tidak digunakan
Data selular yang hidup saat tidak digunakan adalah salah penyebab android cepat panas, dan hal ini juga dapat mnguras daya baterai. Oleh sebab itu matikan data selular jika tidak digunakan untuk berintereta/ sedang tidak digunakan.

9. Tutup aplikasi yang aktif ketika Ponsel tidak digunakan
Hal ini juga dapat menyebabkan android cepat panas atau overheating, jika anda sudah seelesai menggunakan aplikasi sebaiknya anda tutup aplikasi tersebut jangan biarkan aplikasi tersebut berjalan di backgroud/latar belakang, karena jika aplikasi tersebut tidak ditutup maka akan aplikasi tersebut masih aktif dan akan terus menguras daya baterai, lalu akan membaut ponsel android cepat panas.

10. Batasi penggunaan Aplikasi media sosial
terakhir adalah dengan membatasi Aplikasi media sosial, aplikasi media sosial seperti facebook, twitter, bbm dan media sosial lainnya memang di seting untuk selalu berjalan di latar belakang. Walaupun aplikasi tersebut tidak terlihat aktif, namun sebenarnya aplikasi tersebut terus berjalan di latar belakang. Jika anda memang selalu menunggu pesan notifikasi secara update dari media sosial, sebaiknya batasi satu aplikasi saja yang aktif di latar belakang, pilih saja aplikasi media sosial yang anda anggap penting, untuk aplikasi media sosial yang lainnya usahakan status notifikasi di nonaktifkan, dengan cara ini maka ponsel tidak akan terlalu kerja keras, sehingga tidak akan mudah cepat panas dan baterai juga akan lebih awet.

.Nah demikian yang dapat saya sampaikan pada pembahasan kali ini tentang 10 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Yang Cepat Panas, jika ada yang kurang jelas dan ada yang ingin anda tanyakan jangan lupa untuk berkometar di kolom kometar yang sudah disediakan dibawah, sekian dari saya terimakasih.
Previous
Next Post »