2 Cara Mengatasi PC Laptop Macet, Hang dan Not Responding

2 Cara Jitu Mengatasi PC Laptop Macet, Hang dan Not Responding - Laptop atau Komputer kini memang sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan sehari - hari terutama bagi yang bekerja di kantoran dan juga untuk anda yang masih duduk di dunia pendidikan. Kegunaan komputer sendiri beragam, baik digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah, untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, editing foto atau video, bermain game dan lain - lain. Namun ada kalanya komputer/laptop mendapatkan masalah seperti macet, hang bahkan Not responding, hal seperti ini mungkin sering dialami bagi pengguna Laptop atau PC. Nah masalah seperti ini biasanya bisa membuat kita kesal, misalnya jika kita sedang mengedit video dan jika video selesai kita edit lalu akan mulai di render hasilnya namun tiba - tiba PC macet atau bahkan hang, maka masalalah ini dapat membuat kita kesal dan kecewa.

Nah oleh sebab itu supaya anda tidak kesal bahkan kecewa kali ini saya akan membahas mengenai permasalah seperti PC macet, hang dan not responding, namun ada baiknya jika anda mengetahui penyebab PC anda Not responding dan hang, karena dengan anda mengetahui penyebab PC anda hang, macet dan Not responding, anda dapat mencegah masalah tersebut sebelum terjadi pada PC atau Laptop anda. Dan berikut ini adalah penyebab serta cara mengatasi laptop macet, hang dan Not reponding silahkan anda simak.


Penyebab Komputer Hang, macet dan Not responding

1.Komputer Terinpeksi Virus
penyebab yang pertama adalah komputer yang mengalami hang biasanya terjakit virus, karena virus kebanyakan akan menyerang dan merusak sistem windows pada komputer anda, untuk solusi masalah ini anda bisa mencoba untuk menginstall software antivirus yang bekerja powerfull sepert antivirus Avast dan AVG.

2. Memory RAM yang penuh
jika memory RAM penuh maka tentunya akan membuat kinerja software dan sistem operasi melambat, biasanya masalah seperti ini sering terjadi pada Laptop atau PC yang memiliki spek rendah misalnya pada PC hanya terdapat RAM 2 GB atau hanya 1 GB saja, untuk yang laptop hanya memiliki spek tersebut saya sarankan jangan terlalu banyak membukan aplikasi banyak secara bersamaan, supaya Laptop atau PC anda tidak macet atau bahkan hang.

3. CPU Overheating
jika laptop atau PC anda CPU atau prosesornya terlalu panas maka akan membuat kinerjanya melambat, nah hal tersebut dapat memicu kenerja laptop/PC anda melambat, dan tentu saja akan membuat PC anda error, hang, macet dan notresponding. untuk mengatasi overhetaing pada laptop atau PC anda bisa mebersihkan heatsing atau kipas dari debu dan kotoran, dan cek juga pasta prsesor pada laptop anda masih atau sudah habis, jika sudah habis anda harus memberikan pasta lagi pada prosesor laptop/PC supaya tidak terjadi overheating lagi.

4. Hardisk Bermasalah
Hardisk yang bermasalah juga dapat membuat PC anda hang. untuk Solusinya anda bisa melakukan perawatan secara software. caranya gunakan Aplikasi Cleaner atau Tune Up untuk membersihkan file temporary dan lain- lain.

Cara Mengatasi Komputer Hang, macet dan Not responding

1. Tutup Secara Paksa Aplikasi Penyebab PC hang
Pneyebab dari komputer yang sering hang ,macet dan not responding salahsatunya dikarenakan laptop/PC tidak mampu untuk menjalankan porses yang anda inginkan, akibatnya akan terjadi Not responding. masalah seperti ini dapat terjadi karena banykanya aplikasi yang berjalan atau bahkan aplikasi yang sedang di jalankan terlalu berat, dan melebihi spesifikasi yang sudah disarakan.Untuk mengatasi masalah seperti ini anda dapat langsung menutup secara paksa aplikasi tersebut, caranya sebagai berikut.
  • Pertama silahkan tekan tombol kombinasi WIN+R.
  • selanjutnya ketikan pada keyboard taskmgr, lalu tekan Enter.
  • kemudian disitu anda dapat melihat aplikasi yang over/aplikasi yang macet.
  • Lalu setelah anda pilih aplikasi yang over, silahkan anda klik End Task.
2. Lakukan Install Ulang
Jika komputer mengalami hang saat baru dihidupkan, maka kemungkinan masalah terjadi pada sistem operasinya. Nah solusi terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan melakukan install ulang windows. Dengan melakukan instal ulang windows berarti kita sudah memperbarui sistem operasi pada laptop/PC kita, hal ini dapat menghilangkan bug, error serta virus  yang kemunkinan terdapat pada sistem operasi sebelumnya.

Nah demkian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 2 Cara Mengatasi PC Laptop Macet, Hang dan Not Responding, semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada yang ingin anda tanyakan atau mugkin ada yang ingin anda sampaikan jangan lupa untuk berkomentar, sekian dari saya terimakasih.
Previous
Next Post »