Cara Install Mikrotik di VMware Workstation

Cara Install Mikrotik RouterOS dengan VMware Workstation lengkap dengan gambar - Kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai proses instalasi Mikrotik router OS pada VMware workstation, biasanya dalam pempraktekan instalasi sebuah OS (Operating system) dapat dilakukan menggunakan sebuah software seperti VMware workstation, virtual box dan masih banyak lagi. namun pada tutorial kali ini saya memilih software VMware workstations karena menurut saya lebih simpel dan mudah untuk digunakan bagi para awam. VMware sendiri adalah software virtualisasi yang dapat digunakan untuk membuat sebuah vitual machine, oleh sebab itu VMware dapat dijadiakan untuk membuat media virtualisasi server,komputer, sistem operasi,aplikasi,networking dan masih banyak lagi. saya sendiri menyebut VMware workstation sebagai komputer di dalam komputer.

Oleh sebab itu VMware dapat digunakan untuk menginstall router OS seperti Mikrotik, Apa itu Mikrotik.?? Mikrotik adalah Sebuah sistem operasi yang bisa digunakan untuk membuat komputer menjadi router networking yang tangguh, dan mencangkup berbagai fitur yang dibuat untuk Ip network serta jaringan wireles, yang sangat cocok digunakan untuk ISP,warnet dan provider hotspot.

Untuk melakukan instalasi Mikrotik router OS yang harus anda persiampkan adalah sebuah unit laptop/komputer, Sofware VMware workstation dan File Iso Mikrotik, untuk tutorial kali ini saya menggunakan VMware Workstation versi 7, namun walaupun versi VMware berbeda dengan yang anda miliki tapi caranya tetap sama, dan berikut ini adalah tutorialnya.

Tutorial Instalasi Mikrotik RouterOS pada VMware Workstation

1. Pertama pastikan sudah menginstall aplikasi Vmware Workstation di laptop/komputer anda
2. Buka aplikasi Vmware Workstation di laptop/komputer anda
3. Kemudian jika aplikasi sudah terbuka silahkan anda klik(pilih) New Virtual Machine Lalu pilih Typical (recomended) > klik next


4. Pilih I will install the operating system later >Next
5. Pada tampilan Select a guest Operating system silahkan anda Pilih Other>Next


6. Kemudian pada bagian Virtual machine name silahkan anda ganti/isi sesuai dengan keinginan anda>Next


7. Lalu tentukan besar ruang penyimpanan, misal 4GB > Next
8. Selanjunya jangan pilih finish terlebih dahulu, pilihlah Costumize Hardware
Maka akan tampil pilihan hardware yang tersedia, kemudian pada Memory(RAM) silahkan anda naikkan Minimal 1000MB/1GB (semakin tinggi memory/ram semakin cepat proses instalasinya)


Kemudian pada bagian New CD/DVD (IDE), pilih iso image file (Jika file nya dalam bentuk iso) kemudian pilih browse, kemudian cari dimana letak  file iso mikrotik yang anda simpan, lalu pilih OK dan klik finish.


9. Setelah di klik finish maka akan muncul tampilan baru, namun anda jangan bingung. Pada tampilan tersebut silahkan anda pilih Power on this virtual machine
10.Maka akan masuk ke proses instalasi Mikrotik, selanjutnya pada gambar seperti dibawah ini silahkan anda tekan di keyboard tombol “a”  (Untuk memberikan cklis kesemua pilhan)


Lalu tekan “i” (untuk memulai instalasi), setelah itu tekan “y” dan “y” lagi, (y=yes) kemudian tunggu hingga proses instalasi selesai.
11. Jika proses instalasi selesai selanjutnya tekan Enter untuk restart (reboot)
12. Setelah proses restart selasai maka akan muncul tampilan Login, silahkan anda login dengan user anda. Ketikan login:admin pasword:admin
13.Setelah anda berhasil login maka proses instalasi berhasil, selanjutnya silahkan anda tekan Enter untuk melanjukan. Selesai

Baca Juga : Cara Cek Smartphone OPPO Asli Atau Palsu (Semua Tipe Hp Oppo)
Nah Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini tentang Cara Install Mikrotik di VMware Workstation, semoga bisa bermanfaat untuk anda, jika ada yang ingin anda tanyakan atau mungkin ada yang ingin anda sampaikan jangan lupa untuk berkomentar sekian dari saya terimakasih.
Previous
Next Post »